Makhluk Hidup/ Ciri-Ciri Makhluk Hidup


Setiap makhluk hidup bekembang biak untuk memperoleh keturunan, mempertahankan jenis dan juga memperbanyak jenis. Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan makhluk hidup. Hanya makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri hidup.

Ciri-ciri makhluk hidup antara lain:
  • Bergerak: Setiap mahluk hidup pasti bergerak, ada yang bergerak secara aktif dan ada yang bergerak secara pasif. Manusia dan hewan bergerak secara aktif, misalnya dengan kaki, sayap, maupun dengan sirip. Sedangkan bagi tumbuhan bergerak secara pasif, misalnya pada ujung batang, ujung akar, atau pada mekarnya bunga.
  • Bernapas: Makhluk hidup setiap hari mengambil oksigen dari udara dan mengeluarkan karbondioksida ke udara.
  • Tumbuh: Makhluk hidup megalami pertumbuhan dan juga perkembangan.
  • Berkembang biak: Setiap makhluk hidup berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Ada beberapa cara untuk berkembang biak, antara lain dengan melahirkan, bertelur, bertelur-melahirkan, bertunas, fragmentasi atau membelah diri. Perkebangbiakan pada tumbuhan bisa secara alami dan buatan. Pada perkembangbiakan alami tumbuhan yaitu dengan biji (kawin) dan dengan tidak kawin, misalnya membelah diri, spora, tunas, umbi, geragih dan akar tinggal. Stek, cangkok, runduk dan kultur jaringan merupakan perkembangbikan tumbuhan secara buatan.
  • Peka terhadap rangsang: Pada hewan dan manusia memiliki indera untuk menerima rangsang dari luar (mata, kulit, telinga, hidung, dll). Sedangkan tumbuhan, pada tumbuhan tertentu misalnya akar yang mengarah pada sumber air, batang yang mengarah pada sumber cahaya, dll.
  • Membutuhkan makan: Untuk memenuhi kebutuhan untuk energi, pertumbuhan, dan yang lainnya.
  • Mengeluarkan zat sisa: Tubuh tidak mampu menyerap seluruh makanan dan air yang di konsumsi, zat-zat sisa makanan dan air tersebut dikeluarkan dari dalam tubuh melalui kulit, ginjal yang mengeluarkan air seni, dan sisa makanan yang dikeluarkan melalui anus.
  • Memerlukan suhu tertentu: Suhu yang baik sangat diperlukan untuk dapat hidup dengan baik. Suhu yang baik untuk hidup manusia maupun hewan adalah 5-40 derajat celcius.
  • Beradaptasi: Setiap makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan.
Nah, demikian sedikit mengenai mahluk hidup dan ciri-ciri mahluk hidup, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Makhluk Hidup/ Ciri-Ciri Makhluk Hidup"

Posting Komentar